Flying the Birdly Virtual Reality Simulator
Flying the Birdly Virtual Reality Simulator

Teknologi terus berkembang dan merambah ke berbagai hal, termasuk dunia game. Terutama bagi Anda yang berusia lebih dari 20 tahun pun tentu merasakan perbedaannya yang signifikan. Permainan konvensional perlahan pun mulai diganti dengan sentuhan teknologi yang tidak pernah berhenti.

Para pengembang pun terus melakukan inovasi untuk menambahkan teknologi teranyar dalam game untuk meningkatkan keintiman gamer dalam pengalaman bermain. Salah satu teknologi yang paling baru ada Virtual Reality alias VR. Teknologi ini memungkinkan pemain seakan-akan berada dalam dunia game yang sesungguhnya.

Namun game masa depan diprediksi mampu memberikan pengalaman bermain yang jauh lebih ‘riil’. Tidak tanggung-tanggung, game akan dapat membaca emosi yang tengah dirasakan oleh pemain.

Mengenali Emosi Pemain Secara Real Time

Untuk saat ini, VR mungkin telah dirasa sebagai terobosan yang paling besar. Pasalnya, pemain tidak akan merasa sebagai orang yang mengendalikan permainan dari luar. Sebaliknya, pemain secara langsung ada di dalam game tersebut.

Akan tetapi, game masa depan menawarkan sesuatu yang jauh lebih menarik. Emosi pemain saat bermain—marah, tegang, sedih, kecewa—akan menjadi feedback yang diterima oleh game dan menentukan alur cerita permainan.

Seperti contoh, game horor tentu akan memberikan efek rasa takut dan was-was kepada pemainnya dengan level yang berbeda-beda. Semakin besar rasa takut yang dialami pemain, maka permainan akan menjadi semakin sulit dan menekan pemain untuk merasakan ketakutan yang lebih besar. Adapun salah satu game yang sudah menerapkan konsep ini adalah Nevermind yang bergenre psikologi thriller.

Kombinasi Sensor dan VR

Untuk menyempurnakan ambience, maka emosi yang diterima harus seutuh mungkin. Dalam hal ini, sensor juga dibutuhkan untuk menangkap emosi melalui perubahan wajah, akselerasi detak jantung, konduktansi (panas) permukaan kulit, dan lain-lain.

Selain itu, teknologi Virtual Reality yang sudah ada juga tak ketinggalan untuk dilibatkan. Dengan segala kombinasi ini, pemain benar-benar akan merasakan sensasi bermain yang sama sekali berbeda. Game tidak lagi hanya sebatas hiburan, melainkan sebuah petualangan seru.

Seru sekali, bukan? Dengan adanya teknologi ini, game masa depan juga dapat membantu pemainnya untuk mengetahui tingkat bawah sadarnya. Jika dimanfaatkan dengan bijak, permainan semacam ini juga akan sangat membantu kepribadian pemainnya di dunia nyata.